Pastikan Code Aplikasi Berkualitas dengan Sonarqube

Dalam proses pengembangan aplikasi, memiliki codebase yang berkualitas menjadi tujuan dari semua bisnis. Hal ini dikarenakan codebase yang baik akan mengurangi bugs ataupun kerentanan pada aplikasi. Maka dari itu, menginspeksi kualitas dan keamanan code secara terus menerus menjadi suatu hal yang wajib dilakukan oleh bisnis.

Salah satu tool yang bisa dimanfaatkan untuk menginspeksi code yang Anda miliki ialah Sonarqube, sebuah tool terkemuka yang dapat membantu para developer mengecek kualitas dan keamanan code aplikasi. Tool ini hadir dalam empat versi, yaitu Community Edition, Developer Edition, Enterprise Edition, dan Data Center Edition.

Sonarqube tak hanya mendukung 27 bahasa pemrograman seperti Java, Phyton, dan Ruby, tetapi juga mendukung pengintegrasian CI/CD dalam DevOps. Selain itu, Sonarqube mampu mendeteksi bugs, kerentanan, dan code smell yang ada di codebase. Dengan kapabilitas tersebut, tool ini dapat memastikan reliabilitas, keamanan, dan maintainability dari aplikasi dan codebase yang dimiliki.

Sonarqube akan menghasilkan sebuah laporan seperti gambar di bawah ini:

Perlu diingat bahwa dalam tutorial ini, penggunaan Sonarqube telah diintegrasikan dengan Jenkins. Terlebih lagi, code yang diinspeksi berasal dari GitHub dan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Dari gambar di atas, dapat disimpulkan bahwa code yang ada memiliki sembilan bugs dan satu vulnerability. Dengan demikian, Sonarqube memberikan nilai B untuk rating reliabilitas dan E untuk rating keamanan. Hal ini berarti code yang ada memiliki sebuah bug yang bersifat minor dan satu blocker vulnerability.

Selain itu, Sonarqube juga memberikan rating A untuk maintainability. Hal ini berarti para developer tidak perlu usaha ataupun waktu yang banyak untuk mengatasi permasalahan code smells sebanyak 59 buah. Adapun, Sonarqube juga memberikan instruksi untuk mengatasi bugs, vulnerability, dan code smells yang muncul di code, seperti yang terlihat di bawah ini:

Bugs

Vulnerability

Code Smells

Sebagai salah satu IT expert di Indonesia, Inovasi Informatika Indonesia (i3) menyadari betapa pentingnya bagi bisnis untuk menginspeksi codebase untuk memastikan code dan aplikasi yang berjalan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, tim IT kami siap membantu Anda mengimplementasikan Sonarqube agar Anda bisa memastikan kualitas code yang baik bagi seluruh aplikasi yang dimiliki.

Tentang i3

PT Inovasi Informatika Indonesia (i3) dikenal sebagai perusahaan penyedia solusi dan layanan TI yang berfokus pada Open Source, Security, Big Data dan Cloud bagi bisnis. i3 menyediakan layanan TI yang komprehensif, meliputi konsultasi, migrasi dan implementasi, pelatihan, troubleshooting, dan managed services. Untuk informasi lebih lanjut perihal layanan dan solusi yang ditawarkan, Anda dapat menghubungi kami melalui info@i-3.co.id.