Cara Mereplikasi Data Center Menggunakan VMware vSphere Replication

Salah satu hal penting dari proses keamanan sistem TI dalam sebuah perusahaan adalah dengan memastikan bahwa semua layanan yang diberikan mereka dapat terus berjalan dengan baik. Perusahaan harus mencari solusi yang dapat memastikan bahwa sistem komputasi mereka, mulai dari hardware hingga aplikasi dapat terus bekerja dalam situasi apapun agar jalannya bisnis tidak terganggu. Untuk itu, vSphere Replication hadir untuk menjawab tantangan tersebut.

vSphere Replication (VR) adalah sebuah solusi replikasi virtual machine berbasis host yang dapat bekerja pada hampir semua jenis storage sebagai virtual appliance menggunakan spesifikasi Open Virtualization Format (OVF) yang didukung oleh VMware vSphere. Jika Anda memiliki dua data center, di mana satu data center merupakan data center yang terproteksi dan data center yang lain akan dijadikan sebagai replikasi, Anda membutuhkan aplikasi untuk mengintegrasi koneksi kedua data center yang berada di tempat berbeda. Anda dapat menyelesaikan proses tersebut pada salah satu data center dengan menginstal vSphere Replication.

Selain untuk mengintegrasi dua data center, menerapkan VR juga penting apabila Anda ingin menginstal VMware Site Recovery Manager (SRM), karena SRM dapat bekerja hanya pada dua tipe replikasi, salah satunya adalah data center yang menggunakan VR. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, Anda akan mempelajari tahap-tahap bagaimana cara menerapkan dan mengkonfigurasi VMware vSphere Replication pada dua data center Anda.

Berikut adalah 14 tahap yang harus Anda lakukan untuk menerapkan VMware vSphere Replication untuk mereplikasi data center Anda:

  1. Download vSphere Replication Appliance dari VMware website atau melalui link berikut: https://my.vmware.com/web/vmware/downloads.
  2. Setelah berhasil mendownload file, login ke vCenter server menggunakan vSphere web client dengan cara pilih ESXI host kemudian deploy OVF template.
  3. Jika Anda sudah login, pilih semua file yang ada di folder OVF yang telah didownload (file CERT, MF, OVF, VMDK). Untuk file VMDK, biasanya akan ada dua jenis file yaitu support dan system, pastikan juga Anda melampirkan semua file sebelum diupload ke vcenter dan menerapkan VR.
  4. Kemudian isi nama template dan lokasi dari host OVF.
  5. Review kembali detail OVF kemudian klik Next.
  6. Lakukan accept agreement untuk melanjutkan proses selanjutnya. Kemudian select configuration,select storage, dan select network sebagai standard penerapan appliance.
  7. Tahap selanjutnya adalah menyesuaikan konfigurasi jaringan replikasi vSphere dengan menentukan informasi jaringan untuk replikasi vSphere. Tentukan nama domain, alamat gateway, subnet mask, alamat IP manajemen, informasi server NTP dan kata sandi untuk “root” pada alat replikasi vSphere, kemudian klik Next.
  8. Kemudian, pilih vServices yang akan digabungkan dengan OVF template yang telah diterapkan. Menu plugin vSphere Replication akan muncul di vSphere web client setelah deployment proses selesai. Plugin ini akan digunakan untuk melakukan manajemen dan konfigurasi mesin virtual replikasi dari vSphere web client. VR appliance ini membutuhkan koneksi ke vcenter extension service, sehingga VR akan teregistrasi sebagai extension di vcenter server dan admin cukup mengklik icon VR.
  9. Kemudian, review kembali semua informasi konfigurasi yang telah Anda isi lalu klik Finish untuk memulai penerapan VR.
  10. Jika VR telah berhasil diterapkan, Anda dapat mengakses manajemen URL dari vSphere Replication dengan menggunakan format URL berikut:
    https://<VR-IP or hostname>:5480
  11. Lakukan login ke vSphere Replication Appliance yang telah berhasil diterapkan menggunakan root user dan kata sandi yang telah Anda tentukan sebelumnya.
  12. Untuk konfigurasi VR, klik VR tab kemudian pilih Configuration. Pada Lookup Service Address, masukan fully qualified domain name (FQDN) dari vcenter server. Jika vcenter dan platform service controller (PSC) service Anda memiliki satu mesin virtual, maka masukan FQDN dari PSC appliance, namun jika tipe vcenter Anda adalah PSC eksternal, maka Anda cukup masukan single sign on (SSO) berupa username dan passwordnya. Kemudian klik save and restart service.
  13. Setelah itu, Anda akan melihat pesan “successfully saved the configuration”
  14. Setelah konfigurasi VR berhasil seperti gambar diatas, sebagai tahap terakhir, Anda akan melihat VR plugin di vcenter web client. Dengan begitu, Anda sudah bisa mengatur replikasi data center anda melalui mesin virtual menggunakan solusi vSphere replication.

Jika Anda dapat mengikuti tahap-tahap di atas dengan benar, maka Anda telah selesai melakukan proses instalasi solusi VR pada data center Anda yang terproteksi. Jika Anda ingin melakukan replikasi secara dua arah, maka Anda harus melakukan tahap-tahap penerapan VR seperti di atas pada data center yang lain atau yang sering disebut dengan disaster recovery center (DRC). Setelah Anda dapat mengatur konfigurasi antar dua data center, Anda dapat memaksimalkan kinerja vSphere Replication dengan menambahkan solusi SRM pada data center Anda sehingga memungkinkan Anda untuk menguji dan mengotomatiskan proses migrasi aplikasi atau data antar data center tanpa downtime.

About i3:

Inovasi Informatika Indonesia (i3) membantu profesional TI Indonesia dalam mencapai potensi terbaiknya. Kami menyelenggarakan pelatihan teknologi dari beberapa principal terkemuka seperti CompTIA, EC-Council, Dell EMC, Oracle, Red Hat, dan VMware. Selain sebagai lembaga training IT yang sering direkomendasikan oleh praktisi TI, I3 juga menawarkan jasa IT Services di empat bidang utama keahlian, yaitu: Open Source, Virtualisasi, Database, dan IT Security.

Sebagai salah satu authorized partner terpercaya dari VMware, i3 menyediakan berbagai kelas training di bidang virtualisasi mulai dari tingkat fundamental hingga tingkat advance. i3 juga dapat membantu implementasi solusi vSphere Site Replication Management (SRM) untuk memastikan tingkat ketersediaan aplikasi atau data . Semua training dan services yang ditawarkan oleh i3 ditangani oleh instruktur dan konsultan yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi internasional. Informasi lebih lanjut tentang jadwal pelatihan dan layanan TI, Anda dapat menghubungi kami melalui info@i-3.co.id.