Red Hat Enterprise Linux 8 Hadirkan Fitur-Fitur Baru untuk Mendukung Beban Kerja pada Cloud Hybrid

Red Hat, penyedia solusi open source terkemuka di dunia mengumumkan peluncuran Red Hat Enterprise Linux 8 pada 7 May, 2019 di acara customer tahunan mereka, Red Hat Summit. Red Hat Enterprise Linux 8 sebagai solusi sistem operasi yang dirancang untuk menjadi solusi bagi seluruh TI perusahaan hadir dan memperkenalkan fitur-fitur baru yang dapat mempercepat pengembangan aplikasi perusahaan Anda termasuk instalasi, coding, hingga pemilihan dan pengaturan tool yang digunakan. Red Hat Enterprise Linux 8 juga mencakup puluhan bahasa runtime, kompiler, database, server web dan cache.

Red Hat Enterprise Linux 8 menghadirkan suatu pengalaman Linux enterprise untuk memenuhi berbagai kebutuhan teknologi perusahaan-perusahaan yang tengah berkembang. Menyediakan mulai dari container Linux dan cloud hybrid hingga DevOps dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), Red Hat Enterprise Linux 8 dibangun untuk tidak hanya mendukung TI perusahaan yang menggunakan cloud hybrid, tetapi juga untuk membantu meningkatkan penggunaan berbagai teknologi baru.

Berikut adalah beberapa pembaruan dan peningkatan pada fitur-fitur Red Hat Enterprise Linux 8 yang ditawarkan untuk para software developer dengan keamanan, stabilitas, dan keandalan lebih tinggi yang kompatibel di berbagai lingkungan database.

Red Hat Enterprise Linux 8: Linux Cerdas untuk Cloud Hybrid

Pertumbuhan data center yang terus meningkat menyebabkan kebutuhan perusahaan akan ahli dalam menerapkan dan memelihara sistem TI berbasis Linux menjadi semakin kritis. Dengan hadirnya Linux Red Hat Enterprise Linux 8, perusahaan juga memperoleh kemudahan dalam menangani masalah pada sistem TI karena kini Red Hat Enterprise Linux telah terintegrasi dengan Red Hat Insights sehingga menghadirkan keahlian Red Hat Linux sebagai layanan (as-a-service).

Red Hat Insights menggunakan analitik prediktif yang membantu mengidentifikasi dan memulihkan masalah TI pada perusahaan secara proaktif, mulai dari kerentanan keamanan hingga masalah stabilitas. Selain itu, tersedia juga fitur add-on Red Hat Smart Management yang menyederhanakan proses manage, patch, konfigurasi, dan menyediakan penyebaran Red Hat Enterprise Linux di cloud hybrid.

Red Hat Enterprise Linux 8 Mendorong Lahirnya Aplikasi Modern

Untuk memenuhi tuntutan bisnis yang kian berkembang, perusahaan TI dituntut untuk terus melakukan inovasi dan mencari beban kerja baru, seperti pemanfaatan AI hingga Internet-of-Things (IoT) untuk menciptakan keunggulan kompetitif di pasar saat ini. Dengan Red Hat Enterprise Linux 8, berbagai beban kerja termasuk pemanfaatan teknologi baru dapat ditunjang karena memiliki basis kode yang diperkuat, pembaruan keamanan yang lebih luas, dan teruji dapat mendukung penggunaan teknologi baru.

Red Hat Enterprise Linux 8 juga memperkenalkan Application Streams, sebuah fast-moving languages, serta kerangka kerja dan tool aplikasi developer yang selalu diperbarui untuk mendukung para developer untuk terus berinovasi dalam satu sistem operasi kelas enterprise.

Red Hat Enterprise Linux 8 Hadirkan Peluang Baru

Linux terus dipercaya bagi developer menjadi sistem operasi nomor satu untuk membangun aplikasi enterprise generasi berikutnya. Red Hat Enterprise Linux 8 dirancang untuk menurunkan penghalang masuk ke Linux sehingga dapat meningkatkan aksesibilitas untuk administrator Windows, pemula Linux, dan administrator sistem-sistem baru tanpa perlu mengkhawatirkan command line.

Red Hat Enterprise Linux 8 mengabstraksi berbagai kompleksitas terkait tugas sysadmin yang mendetail di balik konsol web Red Hat Enterprise Linux. Konsol ini menyediakan grafis antarmuka yang intuitif dan konsisten untuk mengelola dan memantau sistem Red Hat Enterprise Linux, mulai dari keadaan mesin virtual hingga kinerja sistem secara keseluruhan.

Red Hat Enterprise Linux 8 juga mencakup Red Hat Enterprise Linux System Roles yang dapat mengotomatisasi berbagai pekerjaan kompleks dalam mengelola dan mengonfigurasi Linux dalam proses produksi aplikasi untuk mengurangi kesalahan manusia yang sering menjadi penyebab kesalahan konfigurasi.

Red Hat Enterprise Linux 8 Memiliki Tingkat Keamanan Tinggi

Dengan meningkatnya adopsi teknologi yang tengah berkembang, Red Hat Enterprise Linux 8 memberikan dukungan penuh untuk perusahaan dalam mengadopsi inovasi teknologi mulai dari container Linux, Kubernetes, serverless dan AI, sekaligus membantu meminimalkan potensi risiko kegagalan aplikasi.

Untuk meningkatkan keamanan, Red Hat Enterprise Linux 8 mendukung standar kriptografi OpenSSL 1.1.1 dan TLS 1.3 yang memberikan perusahaan akses ke perlindungan data yang terenkripsi dengan standar terkuat dan terbaru yang dapat diimplementasikan di seluruh sistem melalui satu perintah sehingga membatasi kebutuhan akan kebijakan dan pengaturan khusus aplikasi. Red Hat Enterprise Linux 8 juga memberikan dukungan penuh pada toolkit container Red Hat untuk membuat, menjalankan, dan berbagi aplikasi containerized.

Red Hat Enterprise Linux 8 Mendukung Ekosistem Data Center, Cloud dan Aplikasi

Red Hat Enterprise Linux 8 mampu mendukung pengembangan aplikasi perusahaan baik di lingkungan on-premise maupun cloud dan sangat kompatibel untuk ribuan aplikasi, image container Linux, konfigurasi hardware, dan penyedia cloud. Red Hat Enterprise Linux 8 juga memberikan nilai tambah pada beberapa konfigurasi hardware dan beban kerja tertentu, termasuk arsitektur Arm dan POWER, aplikasi real-time, dan solusi SAP.

Red Hat Enterprise Linux 8 membentuk fondasi untuk seluruh portofolio cloud hybrid milik Red Hat, dimulai dengan Red Hat OpenShift Container Platform 4 dan Red Hat OpenStack Platform 15 yang akan datang.

Paul Cormier, Presiden Produk dan Teknologi Red Hat, mengungkapkan bahwa Linux terus tumbuh dari sistem operasi niche hingga menjadi sistem operasi default bagi pusat data perusahaan karena kemampuannya dalam mendukung setiap beban kerja dan lingkungan TI perusahaan sekaligus sebagai menjadi katalis bagi inovasi di skala cloud.

Arsitektur Red Hat Enterprise Linux 8

Untuk menyederhanakan pengalaman dalam pengembangan aplikasi, Red Hat Enterprise Linux 8 menyediakan tiga repositori yang sudah diaktifkan:
• BaseOS – Menjadi tempat penyimpanan konten sistem operasi.
• Application Streams (AppStream) – Sebagian besar developer tool akan tersedia di sini.
• CodeReady Builder – Repositori tambahan dan developer tool.

Linux Containers

Linux Containers merupakan komponen penting dalam pengembangan cloud dan microservice, sehingga toolkit kontainer berbasis open standards dari Red Hat ini disertakan ke dalam Red Hat Enterprise Linux 8. Dibangun untuk menjawab kebutuhan keamanan TI perusahaan, Buildah (building containers), Podman (running containers), dan Skopeo (sharing/finding containers) membantu developer menemukan, menjalankan, membangun, dan berbagi aplikasi lebih cepat dan efisien.

Memperkenalkan Universal Base Image

Berasal dari Red Hat Enterprise Linux, Red Hat Universal Base Image (UBI) menyediakan gambar kontainer dasar kelas enterprise yang dapat didistribusikan secara bebas di mana developer dapat membangun dan mengirimkan aplikasi mereka. Hal tersebut memungkinkan developer untuk membuat container aplikasi di UBI, dan menyebarkannya di mana saja dengan cara yang lebih aman. Untuk mempermudah pemanfaatan Red Hat UBI, Red Hat Enterprise Linux menawarkan pilihan UBI 7 dan UBI 8 yang terpisah untuk Red Hat Enterprise Linux 7 dan 8.

Red Hat secara proaktif telah membantu perusahaan di seluruh dunia dalam menjawab kebutuhan masalah TI mereka di era cloud saat ini. Dengan hadirnya Red Hat Enterprise Linux 8, Red Hat siap mendukung berbagai workload dan aktivitas operasional TI perusahaan, baik yang tersedia di data center maupun di public cloud dengan cara yang paling efisien dan aman.

Tentang i3:
PT. Inovasi Informatika Indonesia (i3) membantu profesional TI Indonesia dalam mencapai potensi terbaiknya. Kami menyelenggarakan pelatihan teknologi dari beberapa principal terkemuka seperti CompTIA, ECCouncil, EMC, Oracle, Red Hat, dan VMware.
Selain menyediakan berbagai IT training yang banyak direkomendasikan oleh praktisi, i3 juga menawarkan jasa IT service di 4 bidang utama keahlian: Open Source, Virtualisasi, Database, dan IT Security. Semua training dan service ditangani oleh instruktur dan konsultan yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi internasional.
Informasi lebih lanjut tentang lengkap jadwal pelatihan dan layanan TI, Anda dapat menghubungi kami melalui info@i-3.co.id