Sepuluh Tips untuk Keamanan Siber Bisnis Anda

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi yang pesat terjadi telah membawa dampak positif dalam kehidupan sehari-hari. Namun, perlu diingat bahwa dibalik pesatnya perkembangan teknologi juga terdapat risiko serangan siber yang semakin canggih. Maka demikian, salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga keamanan siber ialah SDM itu sendiri sebab kecanggihan sistem keamanan tidaklah berarti apabila kecerobohan manusia terjadi.

Menurut survei dari Shred-it, salah satu perusahaan security di Amerika Serikat, risiko terbesar dalam keamanan siber ialah kecerobohan (negligence) karyawan. Kecerobohan yang dimaksud ialah seperti mengklik tautan (url) yang tidak dikenal, meninggalkan perangkat tanpa dikunci, mengunduh file sembarangan, dan lain-lain. Hal tersebut dapat berdampak pada hilangnya data perusahaan dan berujung pada kerugian materiil. Maka dari itu, sepuluh tips di bawah ini wajib Anda ketahui agar kemungkinan serangan siber terhadap bisnis Anda dapat diminimalisir:

  1. Sadarlah bahwa bisnis Anda dapat dijadikan target serangan siber.
    Serangan siber dapat terjadi kapan saja dan kepada siapa saja, termasuk diri Anda. Para hacker tidak akan pandang bulu saat melakukan aktivitasnya. Janganlah berpikir bahwa bisnis Anda tidak akan pernah dijadikan target oleh para hacker.
  2. Bentuklah password yang kuat, password delapan karakter tidak lagi cukup.
    Miliki password yang terdiri dari beberapa karakter (angka, huruf dan tanda baca). Jangan gunakan password yang sama untuk situs yang berbeda. Terlebih lagi, jangan membagikan password Anda kepada orang lain serta jangan pernah menuliskan password dan menempelkannya di monitor laptop ataupun komputer Anda.
  3. Selalu kunci perangkat Anda.
    Jangan pernah tinggalkan perangkat Anda sembarangan. Apabila Anda perlu meninggalkan perangkat Anda, walaupun hanya dalam waktu sejenak, kuncilah perangkat tersebut supaya orang lain tidak dapat menggunakannya. Hal ini juga berlaku untuk flash disk dan hard disk eksternal Anda.
  4. Ketahui link-link yang aman.
    Berhati-hatilah dalam mengklik link ataupun mengunduh file yang ada di-email. Apabila link yang ada terlihat mencurigakan, janganlah klik link tersebut. Periksalah alamat link sebelum mengkliknya, para hacker biasanya menggunakan link yang salah penulisannya untuk membawa Anda ke domain yang berbahaya.
  5. Gunakanlah Internet secara bijak dan tepat.
    Penggunaan Internet untuk hal-hal yang sensitif seperti perbankan atau belanja, haruslah dilakukan hanya di perangkat Anda dan jaringan yang Anda percayai karena data Anda dapat disalin ataupun dicuri melalui jaringan.
  6. Backup data secara teratur.
    Backup-lah data Anda secara berkala dan pastikan software antivirus Anda adalah versi yang terbaru.
  7. Keamanan siber perangkat secara fisik.
    Berhati-hatilah dengan apa yang Anda hubungkan ke komputer Anda. Malware dapat disebar melalui flash drive, hard drive eksternal serta smartphone yang terhubung dengan komputer Anda.
  8. Janganlah berbagi informasi yang bersifat sensitif di media sosial.
    Perhatikan apa yang Anda bagikan di media sosial. Para hacker dapat “berteman” dengan Anda di platform tersebut dan mendapatkan informasi berharga, mulai dari tempat Anda sekolah, bekerja ataupun tempat berlibur. Informasi tersebut dapat membantu mereka mendapatkan informasi yang lebih berharga.
  9. Berhati-hatilah dengan penipuan offline.
    Waspadalah dengan social engineering, di mana seseorang berusaha mendapatkan informasi melalui manipulasi. Apabila seseorang menelepon atau mengirimkan email kepada Anda dan meminta informasi yang konfidensial, tolaklah. Hubungi perusahaan terkait untuk melakukan verifikasi sebelum memberikan informasi konfidensial.
  10. Selalu awasi akun Anda.
    Monitorlah akun Anda secara terus-menerus. Jika Anda mendeteksi sesuatu yang tidak biasa, seperti pergantian password tanpa sepengetahuan Anda, kemungkinan akun Anda telah dibobol hacker.

i3, sebagai salah satu penyedia layanan security managed services di Indonesia memberikan sepuluh tips di atas agar dapat Anda terapkan dalam bisnis dan meningkatkan postur security yang ada.

Tentang i3

Inovasi Informatika Indonesia (i3) dikenal sebagai perusahaan penyedia solusi dan layanan TI yang berfokus pada Open Source, Security, Big Data dan Cloud bagi bisnis. i3 menyediakan layanan TI yang komprehensif, meliputi konsultasi, migrasi dan implementasi, pelatihan, troubleshooting, dan managed services. Untuk informasi lebih lanjut perihal layanan dan solusi yang ditawarkan, Anda dapat menghubungi kami melalui info@i-3.co.id.