4 Tips SQL*Plus yang Bermanfaat bagi Oracle Developer Pemula

Seperti yang kita semua ketahui, SQL*Plus adalah fitur basic dari oracle dengan tampilan command line (CLI). Fitur ini biasa digunakan oleh administrator maupun programmer untuk berkomunikasi dengan oracle database. Artikel ini akan memberikan sejumlah tips SQL*Plus yang berguna untuk meningkatkan pengetahuan anda.

  1. Pemilihan environment yang tepat

Ketika anda  pertama kali login dengan menggunakan SQL*Plus, akan terdapat beberapa setting environment yang dapat dipilih. Setting ini akan mempengaruhi bagaimana tools akan bekerja. Command Show ALL akan menampilkan list setting yang dapat diatur.
Setting ini dapat aktif dan dinonaktifkan dengan perintah dalam bentuk ‘SET {setting} ON/OFF’. Seperti misalnya ‘SET autocommit ON’ akan membuat semua transaksi yang dibuat didalam oracle di-commit secara otomatis

  1. Editing yang mudah

Apabila anda melakukan satu saja kesalahan dalam melakukan pengetikan SQL command di SQL*Plus maka kesalahan tersebut tidak bisa diperbaiki dengan mudah karena anda harus melakukan pengetikan ulang terhadap command tersebut. Hal ini tentu sangat merepotkan terlebih apabila command yang ingin kita ketik cukup panjang. Untuk mengatasi hal tersebut terdapat cara lain untuk memperbaiki SQL command yang salah dimasukkan. Contohnya seperti kesalahan pengetikan command ‘SELECT USERNAME FROM ALL_USERS ORDER BY USEENAME’ . Dalam hal ini kita cukup mengetik c/USEENAME/USERNAME diakhiri dengan/seperti contoh dibawah ini :


Command tersebut akan menggantikan semua string pertama (USEENAME) dengan yang string kedua (USERNAME) pada pernyataan SQL Anda.

  1. SQL yang fleksibel

Anda yang berprofesi sebagai Oracle Developer atau sebagai Oracle Database Administrator pastilah menemukan bahwa terkadang ada query yang sering digunakan dalam pekerjaan sehari-hari. Anda dapat menyimpan query yang sering digunakan tersebut ke dalam file. Perintah ‘SAVE FILE {nama file}’ akan menyimpan pernyataan SQL buffer ke sebuah file. Skrip SQL yang berisi banyak pernyataan dapat dieksekusi secara batch dengan perintah ‘START {nama file}’, atau ‘@ {nama file}’ . Contohnya, apabila anda sering membutuhkan akses ke informasi mengenai kinerja department tertentu dalam sebuah perusahaan simpan query ke dalam file dengan menggunakan ‘SAVE {filename}’ command.

Saat skrip sql diatas dijalankan dengan perintah ‘START {nama file}’, atau ‘@ {nama file}’ maka anda akan diminta untuk memasukan dept_id yang ingin anda ketahui informasinya. SQL*Plus akan menggunakan value yang anda inputkan untuk digunakan di dalam skrip.

  1. Penyimpanan preferensi yang diinginkan

Tips berikutnya adalah perlunya menyimpan preferensi yang anda inginkan untuk digunakan kembali pada session berikutnya. Caranya adalah melakukan modifikasi pada login.sql file di dalam  SQL * Plus directory.

Command edit login.sql akan membuka file login.sql di dalam editor. Seperti yang kita ketahui, terdapat berbagai environtment settings yang dapat kita konfigurasi sesuai preferensi masing-masing. Beberapa modifikasi yang dilakukan di dalam file login.sql dapat menyebabkan perubahan yang cukup signifikan. Jika Anda ingin menampilkan hasil output dari SQL command halaman demi halaman, perintah berikut dapat ditempatkan di dalam file login.sql :

 

PT. Inovasi Informatika Indonesia (i3) membantu profesional TI Indonesia dalam mencapai potensi terbaiknya. Kami menyelenggarakan pelatihan teknologi dari beberapa principal terkemuka seperti CompTIA, ECCouncilEMC, Oracle, RedHat, dan VMware.
Selain sebagai tempat training IT yang banyak direkomendasikan oleh praktisi, i3 juga menawarkan jasa IT Services di 4 bidang utama keahlian: Open SourceVirtualisasiDatabase, dan IT Security. Semua training dan services ditangani oleh instructor dan konsultan yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi internasional.
Informasi lebih lanjut tentang lengkap jadwal pelatihan dan layanan IT silahkan hubungi kami melalui info@i-3.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *