PostgreSQL vs MySQL: Mana yang Terbaik dan Cocok untuk Infrastruktur IT Anda?

Sebelum kita membahas tentang MySQL dan PostgreSQL ada baiknya kita kenalan dulu dengan RDBMS. Relational Database Management Systems atau biasa disingkat RDBMS adalah database yang di dalamnya terdapat banyak table dengan fungsi dan data yang beraneka ragam, terhubung dengan relational model. Salah satu contoh open source RDBMS adalah MySQL dan PostgreSQL. Lalu apa perbedaan mari kita simak.

Artikel kali ini akan membahas masing-masing tentang opensource RDBMS yang sering digunakan di dunia. Yaitu MySQL dan PostgreSQL, masing-masing memiliki kelebihannya masing-masing.

MySQL adalah salah satu RDBMS yang paling mudah dan paling sering digunakan untuk web ataupun aplikasi online. Berikut ini adalah pembahasan lebih lanjut mengenai MySQL.

Keuntungan menggunakan MySQL

  • Mudah digunakan

MySQL cenderung mudah untuk digunakan karena proses installasi yang mudah,serta dengan tampilan GUI mempermudah user mengakses dan menggunakan database dari tahap paling sederhana.

  • Menunjang fitur RDBMS

Banyak function yang diharapkan dari suatu RDBMS terdapat di MySQL

  • Secure

Terdapat banyak fitur keamanan untuk menjaga ketersediaan data dan keamanan data di MySQL

  • Kecepatannya

Memiliki beberapa standard yang memungkinkan MySQL bekerja secara efficient

  • Powerful

MySQL dapat menangani banyak data yang dapat digunakan.

 

Keterbatasan MySQL

  • MySQL memiliki beberapa keterbatasan functional pada beberapa aplikasi tertentu.
  • Tingkat reliabilitasnya dibawah RDBMS lainnya
  • Meskipun opensource RDBMS, namun saat ini MySQL development telah diakuisisi. Akan tetapi, masih ada solusi lainnya, yaitu menggunakan mariaDB.

Selain MySQL, RDBMS opensource lainnya adalah PostgreSQL. PostgreSQL sendiri adalah sebuah advanced opensource RDBMS yang sesuai dengan standard ANSI. PostgreSQL support untuk transaksi yang bersifat reliable. RDBMS satu ini sangat cocok untuk aplikasi yang membutuhkan database sekelas Oracle namun bersifat opensource. Berikut adalah sekilas pemaparan mengenai PostgreSQL.

Keuntungan menggunakan PostgreSQL

  • Powerful

PostgreSQL yang opensource dan free memiliki kualitas level enterprise

  • Strong community support

PostgreSQL memiliki komunitas yang kuat sehingga sering mengalami pembaruan versi penambahan fitur dan lain sebagainya.

  • Strong thrid party support

Mengingat kemampuan dasar PostgreSQL yang powerful, banyak third party yang mensupport berbagai tools untuk menunjang dan menanggulangi keterbatasan PostgreSQL

  • Extensible

Versi saat ini, PostgreSQL memiliki sistem extension yang mana kita bisa mengaktifkan atau menonaktifkan proses/extention yang diperlukan/tidak diperlukan. Sehingga menambah kinerja performance PostgreSQL

 

Keterbatasan PostgreSQL

  • Popularitas

Dibandingkan dengan MySQL, PostgreSQL tidak sepopuler MySQL. Padahal banyak perusahaan besar yang lebih memilih menggunakan PostgreSQL ketimbang MySQL.

  • Hosting

Salah satu alasan lainnya yang menyebabkan PostgreSQL tidak sepopuler MySQL, karena hosting yang biasa digunakan untuk men-deploy website atau aplikasi tidak banyak yang menyediakan PostgreSQL. Berbeda jauh dengan MySQL atau MariaDB yang sudah menjamur di dunia perhostingan. Solusi lainnya jika ingin tetap menggunakan PostgreSQL namun dengan biaya infrastruktur murah, gunakanlah VPS (Virtual Private Server).

Setelah pemaparan tersebut, semoga bisa membantu kita untuk menentukan situasi dan kondisi yang tepat untuk menggunakan MySQL dan PostgreSQL 🙂

Jika pembaca tertarik untuk mengenal kedua database lebih dalam, kami menyediakan training MySQL dan PostgreSQL. Selain training i3 juga melayani service implementasi dan maintenance kedua database tersebut. Silahkan hubungi kami via online chat ataupun email di info@i-3.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *