Masa Aktif Sertifikasi Red Hat Anda Akan Segera Habis? Simak Tips Cara Memperbaharuinya

Perusahaan teknologi seperti RedHat mengeluarkan sertifikasi untuk memberikan jaminan kepada seseorang bahwa dia telah siap  untuk mengerjakan pekerjaan tertentu. Sertifikasi memiliki masa aktif yang artinya perlu diperbaharui terus menerus supaya Anda tetap dianggap qualified dan RedHat menjamin profesional yang disertifikasi RedHat tetap mempunyai skill dan pengetahuan yang up-to-date.

Keuntungan yang didapat oleh profesional yang telah bersertifikasi terkini adalah sebagai berikut:

  1. Verifikasi dari status sertifikasi pada Red Hat Certification Central
  2. Pencarian secara online untuk Red Hat Certified Professionals
  3. Red Hat Certified Professionals newsletter yang akan dikirim secara berkala
  4. Red Hat Certification Badging
  5. Pengakuan di dalam Red Hat Customer Portal
  6. Discount untuk pass Red Hat Summit (awal 2017)

dan yang paling penting adalah tetap up-to-date dengan teknologi terbaru.

Bagaimana untuk memperbaharui sertifikasi Red Hat? Tidak seperti sertifikasi IT yang lain, Red Hat menggunakan pendekatan yang sedikit berbeda, yakni dengan memperbolehkan beberapa sertifikasi diperbaharui dengan memperoleh sertifikasi baru. Dengan metode seperti ini IT profesional mampu mengembangkan pengetahuan ke area baru.

Untuk Red Hat Certified System Administrator (RHCSA)

RHCSA  mengandung kemampuan inti yang dibutuhkan dalam kredensial sistem administrasi Red Hat.

Untuk dapat mempertahankan sertifikasi dapat menggunakan cara–cara berikut:

  1. Mengambil ujian RHCSA (EX200) kembali.
  2. Atau memperoleh RHCE (Red Hat Certified Engineer) dengan lulus ujian RHCE (EX300).
  3. Dan bisa juga dengan mengambil dan lulus sertifikasi keahlian yang diatas RHCE yang bertujuan untuk memperoleh RHCA (Red Hat Certified Architect )

Untuk Red Hat Certified Engineer (RHCE)

Untuk mempertahankan RHCE dapat dilakukan dengan lulus ujian RHCE (EX300) lagi atau mengambil dan lulus ujian yang bertujuan untuk mendapakan RHCA . Terdapat 20 jenis ujian keahlian yang dapat diambil dari syarat lulus 5 ujian dari RHCA saat ini.

Untuk Red Hat Jboss Developer (RHJD)

Untuk mempertahankan RHJD dapat dilakukan dengan lulus ujian RHJD (EX225) lagi atau melanjutkan ketahap RHCA. Terdapat 12 pilihan ujian keahlian yang dapat diambil dengan syarat lulus 5 dari ujian RHCA saat ini.

Untuk Red Hat Certified Architect (RHCA)

RHCA merupakan sertifikasi tertinggi yang dimiliki oleh Red Hat dan kebutuhan untuk selalu mengikuti teknologi terbaru sangatlah besar. Untuk itu seorang RHCA harus mempertahankan 5 sertifikasi syarat pada RHCA, tidak selalu butuh sertifikasi yang sama. Anda bisa memperoleh sertifikasi keahlian lainnya.

Untuk saat ini versi Red Hat yang terakhir adalah Red Hat Enterprise Linux 7, jadi bagi yang memiliki sertifikasi di RHEL 5 sudah seharusnya memperbaharui sertifikasinya. PT. Inovasi Informatika Indonesia (I3) menyediakan layangan sertifikasi serta training Red Hat, sehingga dapat membantu Anda memperoleh dan memperbaharui sertifikat Red Hat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *