Anda Berencana Mengambil Exam VCAP-DCD 6? Kenali Dulu Fitur Terbarunya Serta Tips dan Trik Untuk Lulus

Apakah anda pernah mengambil ujian VCAP-DCD? Ujian ini merupakan ujian lanjutan pada level architech dan hanya bisa dilakukan oleh VCP dari semua track (DCV/NV/DTM/CMA).

Ujian VMware VCAP6-DCD (VMware Certified Advanced Professional-Data Center Design) untuk track DCV, CMA, serta DTM telah dirilis dan dapat diambil ujiannya melalui Person Vue. Namun sebelum mengambil ujian VCAP6-DCD, disarankan untuk mengetahui terlebih dahulu fitur-fitur terbaru yang ada pada exam VCAP6-DCD ini.

Features:

Setiap exam design terdiri dari soal drag and drop dan design:

Drag and Drop

  1. Scenario: Pastikan untuk memahami dengan jelas apa yang ditanyakan. Dan pastikan membaca soal berkali-kali sampai mengerti apa yang ditanyakan karena soal bisa menjebak.
  2. Show/Hide Scenario: Terkadang ada beberapa soal ujiannya yang membutuhkan content tambahan dalam bentuk image, yang akan dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan.
  3. Instructions: Sama dengan scenario, pastikan untuk membaca ini berulang kali agar mengerti dengan yang ditanyakan.
  4. Source button: Tombol yang digunakan pada sebelah kiri yang akan di-drag ke sebelah kanan.
  5. Target: Tempat drop button yang di-drag dari sebelah kiri.

drag-and-drop

Design

  1. Instruction Sizes: Pada bagian instruction ini, kita bisa resize ukuran kotak Instruction lebih kecil atau luas, sesuai kebutuhan.
  2. Zooming: Bagian dibawah Instruction, terdapat pilihan untuk zoom in dan zoom out untuk Instruction Windows.
  3. Requirements: Pada bagian ini persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat design. Pastikan untuk mengikuti semua requirements yang ada pada kotak ini karena penilaian exam design berdasarkan pemenuhan requirement.
  4. Tombol Action: Terdapat 3 pilihan, yaitu Start Over untuk mengulang kembali design yang dibuat dari awal. Undo untuk mengulang kembali langkah yang sebelumnya. Create untuk membuat objek yang akan di drop down ke workspace.
  5. Category Menu: Pada bagian ini merupakan sub menu yang ada pada Menu Create dan terdapat objek-objek beserta connector yang sesuai dengan requirement sehingga kita diminta untuk melakukan pemilihan yang terbaik.
  6. Object: Ikon objek yang akan merepresentasikan design kita.
  7. Connectors: Objek untuk menghubungkan objek-objek.
  8. Cut/Trush can: Digunakan untuk cut objek existing dan juga bisa drag and drop ke trush can untuk delete objek.

tips-dan-triks-fitur-baru-pada-vcap-dcv-6-design

Tips dan Tricks:

Copy objek terakhir yang di drop– Dan yang perlu diperhatikan adalah waktu pengerjaan yang sangat terbatas dengan soal design yang  sangat panjang. Sebagai contoh, apabila diminta untuk drag and drop VMs sebanyak 5 VMs, maka kita haru klik tombol “create” dan pilih Virtual Mechine” sebanyak 5 kali, dan memerlukan 10 kali klik. Namun untuk mempersingkat hal itu, bisa dipergunakan tombol plus (+) pada Numpad keyboard jadi copy dan paste objek pada exam ini tidak berlaku.

Rebuild desain yang dibaut sebelumnya– Setelah desain yang dibuat dirasa kurang sempurna dan ingin lanjut ke nomor berikutnya, maka kita dapat kembali ke desain awal yang telah dibangun dan menyelesaikan desain yang kurang lengkap tadi.

Calculator– Fitur yang digunakan untuk soal perhitungan yang disediakan oleh aplikasi pada menu kiri atas.

Jika anda ingin mengambil ujian VCAP DCD exam dengan desain environment yang lama, bisa mengakses virtualtiers.net yang memberikan simulasi exam agar terbiasa dengan exam environment.

Inovasi Informatika Indonesia (I3) merupakan authorize partner dari VMware yang menyediakan berbagai jenis kelas training dan sertifikasi di bidang Virtualisasi, mulai dari tingkat fundamental sampai tingkat advance.

Selain sebagai tempat training IT yang banyak direkomendasikan oleh praktisi, i3 juga menawarkan jasa IT Services di 4 bidang utama keahlian: Open Source, Virtualisasi, Database, dan IT Security. Semua training dan services ditangani oleh instructor dan konsultan yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi internasional.

Informasi lebih lanjut tentang lengkap jadwal pelatihan dan layanan IT silahkan hubungi kami melalui info@i-3.co.id dan live chat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *