Apakah Anda Sudah Mengetahui 5 Fitur Terbaru dari Horizon 7?

VMware telah memperkenalkan produk baru sebagai update dari produk sebelumnya yang mentransformasi tradisional VDI, lebih simple, flexible, memiliki speed yang lebih cepat dan scaleable. Semuanya dapat dilakuan dengan cost yang lebih murah. Improvement yang diberikan dari segi user experience, scalability, dan policy control. Secara umum, perubahan yang dilakukan dari sebelumnya disimpulkan pada gambar berikut:

fitur-fitur-baru-horizon-7

Dari perubahan-perubahan tersebut, terdapat beberapa pembaharuan yang dirasa memberikan benefit yang lebih banyak dibandingkan versi sebelumnya, yang di-highlight seperti berikut:

  • Instant Clones

Adalah salah satu metode untuk provisioning Virtual desktop selain full virtual machine dan link clone machine. Perbedaannya dengan kedua jenis tersebut adalah pada proses cloning sebuah virtual desktop didalam memory sebuah virtual desktop existing yang sedang running dan perbedaan yang lainnya terletak pada saat customize OS master image, tidak perlu reboot. Berikut merupakan gambaran proses instant clones virtual desktop

fitur-fitur-baru-horizon-7-2

  • Smart Policies

Adalah policies yang diterapkan oleh administrator untuk mengontrol desktop user.

fitur-fitur-baru-horizon-7-3

  • Blast Extreme

Adalah evolusi dari protocol baru VMware yang diperkenalkan ketika deliver HTML akses untuk Horizon.

fitur-fitur-baru-horizon-7-4

  • True SSO Adalah fitur yang memiliki kemampuan untuk login ke virtual desktop sekali menggunakan two-factor authentication via identity manager atau Workspace One. True SSO ini memisahkan antara otentikasi dan akses ke Horizon desktop. Pada versi sebelumnya, user menggunakan SSO ke virtual desktop secara langsung via Identity manager ketika menggunakan Active Directory credentials, sekarang True SSO support metode otentikasi yang lebih luas, mulai dari two-factor authentication seperti RSA SecureID.fitur-fitur-baru-horizon-7-5
  • Extreme Scale with Cloud Pod Architecture (CPA)CPA support multiple Horizon 7 instance (pod) yang terhubung satu sama lain. Dimana satu pod support diatas 10.000 session connected. Sedangkan pada Horizon 7 ini support sampai 50.000 session pada 25 instance/pod dalam 5 sites dan dalam 50 connection server.fitur-fitur-baru-horizon-7-6

Fitur-fitur diatas hanya akan didapatkan pada license Horizon 7 Enterprise Edition dan menggunakan vSphere 6.0 update 1.

Perlu juga diketahui bahwa dasar dari Horizon ini adalah vSphere (Data center virtulization), sehingga apabila pada implementasi design vSphere nya ada yang tidak sesuai dengan best practice vsphere, maka dapat dipastikan bahwa fitur-fitur yang ada pada Horizon 7 ini juga akan mengalami problem suatu saat. Oleh karena itu pastikan design Implementasi vSphere sudah sesuai dengan best practice vSphere.

Inovasi Informatika Indonesia (I3) merupakan authorize partner dari VMware yang menyediakan berbagai jenis kelas training dan sertifikasi di bidang Virtualisasi, mulai dari tingkat fundamental sampai tingkat advance.

Selain sebagai tempat training IT yang banyak direkomendasikan oleh praktisi, i3 juga menawarkan jasa IT Services di 4 bidang utama keahlian: Open Source, Virtualisasi, Database, dan IT Security. Semua training dan services ditangani oleh instructor dan konsultan yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi internasional.

Informasi lebih lanjut tentang lengkap jadwal pelatihan dan layanan IT silahkan hubungi kami melalui info@i-3.co.id dan live chat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *