Sudah Tahukah Anda Certification Roadmap Terbaru dari VMware (v6) ?

Apakah anda mengetahui bagaimana cara mendapatkan sertifikasi VMware? Dan bagaimana tingkatannya? Kali ini kami akan membahas mengenai langkah-langkah yang harus diambil untuk mengambil sertifikasi VMware di Indonesia. Berikut adalah learning path sertifikasi VMware:

Sudah tahukah Anda Certification Roadmap Terbaru dari VMware (v6)

Dari tabel diatas, VMware memiliki 4 path dalam sertifikasi, yaitu DCV (Data Center Virtualization), CMA (Cloud and Automation), NV (Network Virtualization), DTM (Desktop and Mobility). Dari keempat path tersebut terdapat juga 4 role untuk setiap path tersebut, yang diawali dengan Business IT sampai role yang paling tinggi, yaitu Solution Design Architecture.

VMware mewajibkan kepada setiap orang yang ingin sertifikasi VMware untuk mengambil minimal satu kali training VMware Install, Configure, Manage agar dapat memahami dasar-dasar dan konsep secara general dari VMware.

Sedangkan level sertifikasi VMware ini terdiri dari VCA, VCP, VCIX (dulunya VCAP DCD dan VCAP DCA) dan paling tinggi VCDX.

Bagi anda yang baru ingin mengambil sertifikasi VMware di Indonesia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu apabila anda ingin mengambil sertifikasi VCA anda tidak perlu training authorized, namun disarankan belajar dari mylearn. Karena tujuannya adalah mengetahui konsep virtualisasi saja, ini cocok bagi setiap orang yang ingin belajar konsep virtualisasi. Namun apabila ingin mengambil sertifikasi ke level engineer, maka langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Anda harus ambil training authorized VMware vSphere Install, Configure, Manage dahulu.
  2. Ujian vSphere Foundation.
  3. Ujian VCP-DCV.

Untuk level architech, VMware baru-baru ini merilis 2 VCAP6 Exam yang sudah dapat diambil melalui mylearn:

Exam-exam diatas dapat diakses melalui mylearn dan redirect ke PersonVue testing centre.

Selain itu, VMware Education Services juga merilis empat course baru yang dapat diakses secara gratis dan berbayar di mylearn account, diantaranya adalah:

Horizon 7: Install, Configure, Manage [V7]
Course ini berbayar, dan dapat memberikan pengajaran mengenai bagaimana Instalasi, konfigurasi, dan manajemen dari virtual desktop.

VMware Certification Exam Prep: VCP6-NV Exam (2V0-641)
Course ini free, ditujukan untuk persiapan exam vcp-nv.

Hyper-Converged Infrastructure and VMware Software-defined Storage Fundamentals
Course ini free, dan berupa e-learning tentang HCI, dan basic SDS.

VMware vRealize Operations Manager Fundamentals [V6.2]
Course ini free juga, dan bertujuan untuk menunjukan bagaimana vRops monitor VMs dan sangat cocok untuk belajar vRops bagi anda yang masih baru mengenal vSphere karena bersifat basic.

Semoga bermanfaat.
Informasi lebih lanjut tentang lengkap jadwal pelatihan dan layanan IT silahkan hubungi kami melalui info@i-3.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *