Pernahkah Anda Menjadi Korban Social Engineering? Berikut Merupakan Tips Untuk Menghindarinya

Tanpa anda ketahui mungkin anda adalah korban dari social engineering.
Lantas apa itu social engineering?
Social Engineering adalah teknik untuk mendapatkan informasi rahasia (contoh: email dan password) dengan cara mendekati atau meyakinkan si korban.

Umumnya social engineering menargetkan help desk, technical support eksekutif, atau sistem administrator (seperti yang ada dalam video di atas), namun tidak jarang juga menargetkan si pemilik informasi langsung.

Berikut merupakan beberapa tips untuk menghindari social engineering yang telah dirangkum oleh tim I-3:

  1. Berhati-hati dalam memberikan informasi, terutama kepada sumber tidak dikenal.
  2. Perhatikan dengan baik setiap email dan pesan yang masuk, jangan mudah terpancing dengan link promosi atau diskon yang ada.
  3. Block port USB dari perangkat yang dianggap penting untuk mengamankan dari virus, trojan, dan hal-hal berbahaya lainnya.
  4. Tolak telepon atau pesan dari technical support yang tidak memberikan informasi dengan benar dan tegas.
  5. Amankan komputer dan jaringan yang ada menggunakan firewall dan antivirus.
  6. Selalu update dan patch perangkat yang anda gunakan.
  7. Hindari jejaring sosial yang membeberkan identitas diri terlalu banyak.
  8. Educate yourself and your team, daftarkan lingkungan anda pada training dan sertifikasi security yang ada, karena percuma memiliki teknologi canggih tetapi berisikan orang-orang yang awam.

Inovasi Informatika Indonesia (I3) merupakan authorize partner dari EC-Council yang menyediakan berbagai jenis kelas training dan sertifikasi di bidang keamanan (security), mulai dari tingkat fundamental sampai tingkat advance. CSCU adalah salah satu tingkat sertifikasi dari lembaga sertifikasi security EC-Council yang ada di tingkat fundamental dan sangat cocok bagi yang sering berhubungan dengan komputer dan gadget, disini juga cukup banyak dibahas perihal social engineering. Untuk info training dan sertifikasi lebih lanjut dapat dibaca disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *