Perbedaan antara Clone dan Template pada Virtual Machine (VMware)

Saat kita mulai mengenal teknologi virtualisasi, akan sering muncul pertanyaan tentang “Apa perbedaan fitur Clone dan Template pada Virtual Machine?”

Pada artikel kali ini kami menjelaskannya secara detail. Yuk disimak! 🙂

CloneTemplate
Clone menciptakan salinan yang sama persis dari Virtual Machine yang berjalan pada saat proses cloning.Template seperti baseline image dengan konfigurasi yang telah ditetapkan sesuai standar organisasi.
Cloning sebuah virtual machine menciptakan duplikat virtual machine dengan konfigurasi dan perangkat lunak yang terinstal sama tanpa melakukan pengaturan tambahan.Membuat template tujuannya untuk membuat sebuah master image virtual machine yang nantinya bisa digunakan untuk deploy banyak virtual machine baru.
Anda dapat membuat tiruan virtual machine yang sudah terinstall dan terkonfigurasi dengan cara klik kanan pada VM dan Clone.Anda dapat membuat template dengan mengkonversi virtual machine menjadi sebuah template, cloning virtual machine menjadi template, atau cloning template lain.
VM hasil cloning cocok untuk test and development environments di mana Anda bisa membuat, menguji dan bekerja dengan salinan VM dari server produksi tanpa mengganggu server produksi dengan menciptakan tiruan dari production virtual machine.Template paling cocok untuk production environments di mana Anda ingin deploy banyak VM beserta dengan OS dan basic software. Setelah template deployed, Anda dapat menginstal perangkat lunak tergantung pada peran server seperti IIS/Database.
VM Clones tidak cocok untuk mass deployment dari Virtual Machines.Template cocok untuk Mass Deployment dari Virtual Machines
Kita tidak bisa mengkonversi kembali mesin hasil kloningan.Anda dapat mengkonversi template kembali ke virtual machine untuk memperbarui basis template dengan patch terbaru, pembaharuan, dan untuk menginstal atau meng-upgrade perangkat lunak apapun dan mengkonversi kembali ke template yang akan digunakan untuk deployment virtual machines dengan patch terbaru.
Cloned Virtual Machine can be powered onTemplates cannot be powered on
Anda tidak dapat Clone Virtual Machine jika Anda terhubung langsung ke ESX/ESXi host dengan menggunakan vSphere Client. Anda membutuhkan vCenter untuk  Clone Virtual Machine.Anda tidak dapat membuat template dari Virtual Machine jika Anda terhubung langsung ke ESX/ESXi host dengan menggunakan vSphere Client. Anda membutuhkan vCenter untuk  membuat Template.
Anda dapat customize guest operating system dari VM hasil klon untuk mengubah nama mesin virtual, pengaturan jaringan, dan properti lainnya. Hal ini untuk mencegah konflik yang dapat terjadi jika virtual machine dan sebuah klon dengan guest OS yang identik di-deploy secara bersamaan.Anda juga dapat customize guest OS saat deploy VM dari template
Clone  dari sebuah virtual machine bisa dibuat saat VM dinyalakan.Mengkonversi virtual machine menjadi template tidak dapat dilakukan, ketika virtual machine dinyalakan. Hanya Clone to Template dapat dilakukan ketika VM dinyalakan.

 

PT. Inovasi Informatika Indonesia (i3) membantu profesional TI Indonesia dalam mencapai potensi terbaiknya. Kami menyelenggarakan pelatihan teknologi dari beberapa principal terkemuka seperti CompTIA, ECCouncil, EMC, Oracle, RedHat, dan VMware.
Selain sebagai tempat training IT yang banyak direkomendasikan oleh praktisi, i3 juga menawarkan jasa IT Services di 4 bidang utama keahlian: Open Source, Virtualisasi, Database, dan IT Security. Semua training dan services ditangani oleh instructor dan konsultan yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi internasional.
Informasi lebih lanjut tentang lengkap jadwal pelatihan dan layanan IT silahkan hubungi kami melalui info@i-3.co.id

(MYR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *