Kebobolan 3 Juta Dollar, Ratusan Mesin ATM di Taiwan Dihentikan Sementara

Taipei, diperkirakan sekitar 900 Mesin ATM di Taiwan dihentikan sementara setelah terjadinya pembobolan bernilai 70 Juta TWD (2.94 Juta USD), pembobolan ini terjadi pada hari sabtu dan minggu, 9 dan 10 Juli 2016 dengan menargetkan mesin ATM dari Taiwan’s First Bank dan yang tersebar di kota Taipei dan Taichung.

Pihak kepolisian mengidentifikasi pelaku berjumlah 3 orang dan berasal dari Russia, 2 dari 3 pelaku dipercaya sudah meninggalkan Taiwan, pihak kepolisian juga menduga ada orang dalam dari pihak bank yang turut membantu kasus pembobolan ini.

Agensi Taiwan Central News mengatakan kamera pengawas merekam dua pria lengkap dengan topi dan masker menggunakan mesin ATM dan mengeluarkan sangat banyak uang yang kemudian dimasukkan ke dalam tas mereka, diduga para pembobol ini menyusupkan malware pada mesin ATM yang ditargetkan, pihak bank menyampaikan bahwa customer tidak terkena dampak dari pembobolan ini.

Kejadian ini membuktikan bahwa sebaik-baiknya tupai melompat pasti akan terjatuh juga, secanggih-canggihnya sistem keamanan yang kita miliki pasti ada suatu celah keamanan untuk ditembus, sistem keamanan bank yang dibuat super aman pun dapat ditembus lalu apakabar sistem keamanan di company kita?

Inovasi Informatika Indonesia (I3) merupakan authorize partner dari EC-Council yang menyediakan berbagai jenis kelas training dan sertifikasi di bidang keamanan (security), mulai dari tingkat fundamental sampai tingkat advance, disamping training dan sertifikasi, I3 juga bergerak di bidang Security Services, dimana I3 siap melayani dalam beberapa hal di bidang security, contohnya seperti Hardening, Penetration Test, Audit and Compliance, dan lain sebagainya. Untuk info training dan sertifikasi lebih lanjut dapat dibaca disini, dan untuk security services bisa dibaca disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *